1. Pemandian Air Panas

Lokasi pemandian air panas ini yaitu tepatnya di Cisolok atau kurang lebih 17 Kilomter arah barat daya dari Kota Pelabuhan Ratu. Disana kam dapat bermandi atau berenang apalagi bareng-bareng temen untuk menikmati beberapa semburan air panas yang keluar berupa mata air dan mengalir mengikuti aliran sungai. selain itu juga kamu bisa menikamti air panas ini yang telah di design menjadi beberapa kolam renang yang di sediakan khusus untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Berdasrkan hasil penelitian, semburan mati air panas ini berasal dari aliran mata air pegunungan merapi yang didalamnya terdapat magma yang memanas. Tidak heran memang, karena tempat itu memang kaki gunung dari gunung salak bogor. Berdasarkan mitos dan juga hasil penelitian, air panas ini juga sangat cocok sebagai alternatif untuk pengobatan berbagai macampenyakit kulit, karena semburan air panas nya mengandung sulfur dan belerang. Jadi tunggu apalagi sanak keluarga anda untuk menikmatinya.

2. Karang Hawu

Pabtai indah Karang Hawu pelabuhan ratu memang tidak membosankan untuk di kunjungi, bahkan dapat memberikan nuansa kepuasan tersendiri walaupun mungkin tempat tinggal anda juga di daerah pantai. Lokasi pantai ini +20 Kilometer arah barat dari Kota Pelabuhan Ratu atau +15 menit jika menggunakan kendaraan. Kenapa pantai ini di sebut Karang Hawu?? karena sudah di ketahui oleh banyak orang bahwa bentuk karangnya menyerupai tungku masak yang memiliki cerobong asap, yang orang sunda menyebutnya adalah Hawu. Dibalik garis pantai terdapat tempat berupa bukit dan disana ada satu tempat berupa bangunan kecil yang di daulah untuk melakukan upacara sakral sesajen kepada Nyi Putri Roro Kidul yang di percaya sebagai penguasa pantai selatan yang disediakan khusus bagi para pengunjungnya, bangunan tersebut juga terdapat ruang khusus, yang di hiasi Photo Nyi Roro Kidul berukuran besar yang di dekorasi dengan dominasi warna merah. selain itu juga terdapat ruang khusus untuk persebahan kepada Eyang Sanca Manggala, Eyang Jalah Mata Makuta dan Eyang Syeh Husni Ali.

Pantai Karang Hawu ini biasanya paling banyak di kunjungi oleh wisatawan selain hari-hari libur, yaitu pada saat-saat menjelang Puasa Ramadhan, setelah hari raya dan yang lainnya. Para pengunjung biasanya datang dari berbagai daerah terutama wisatawan lokal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung dan sekitarnya.

3. Arung Jeram

Tempat wisata terpaforit berikutnya yang sering di kunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yaitu wisata arung jeram. Lokasi daerah arung jeram ini yaitu di Sungai Citatih Citarik yang letaknya + 30 Km Arah Selatan Sukabumi dan tak tjauh dari pusat kota Pelabuhan Ratu. Banyak para wisatawan khususnya domestik yang sering menikamti wisata ini, karena area wisatanya sangat cocok dan pas untuk arung jeram yang dapat memacu adrenaalin dan sangat menantang untuk di coba. Untuk anda yang suka menikmati jejak petualang dan belum menikmati Arung Jeram di Sungai ini….. ga ada salahnya dech…. bila anda mencobanya. Dijamin Anda bakal Passs..!!! karena medannya sangat menantang abissss………!

4. Goa

Goa yang satu ini di kenal dengan nama Goa Lalay. Lokasinya +3Km dari pusat Kota Pelabuhan Ratu. Disini anda dapat melihat jutaan kelelawar yang menghuni Goa ini, sehingga dinamakan dengan Goa Lalay. Biasanya Kelelawar ini mulai keluar sekitar pukul 5 sore. Kalau anda penasaran dan ingin melihat aksi jutaan kelelawar penghuni ini silahkan anda datang kesana mulali tepatnya pukul 4.30 sore hari. Saya yakin, anda tidak akan kecewa,… Justru disana anda akan bangga dan kagum melihat keindahan momen atraksi dari jutaan kelelawar penghuni Goa ini. Kelelawar ini biasanya terbang sekitar 20 menit dan kemudian muncul lagi untuk 30 menit kemudian. Mereka berterbangan hanya di sekitar muka Goa tersebut. Bahkan katanya berdasarkan mitos, Kelelawar-kelelawar ini bias terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta Bahkan Bandung. Setelah anda puas menikmati atraksi ribuan kelelawar, anda bisa langsung menikmati keindahan Sunset pantai Pelabuuhan Ratu. karena Goa ini hanyak berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai.

Selain di Pelabuhan Ratu, Goa Lalay di Sukabumi ini bisa juga anda kunjungi yaitu Goa Lalay di Kawasan Hutan Pinus Pegunungan Wisata Buni Ayu. Kawasan Wisata ini berlokasi di Daerah Sagaranten Jampang Tengah Kab. Sukabumi. Disana, selain anda bisa menikmati hawa sejuk hutan pinus dengan sejuta keindahan panorama Alamnya, anda juga bisa menikmati atraksi ribuan kelelawar yang tak kalah serunya. dengan Design Goa yang indah hasil dari tetesan air yang mengandung kapur sehingga menghasilkan Stalagmit dan stalagtit yang sangat indah.

Masih ada satu Goa li diantara ratusan goa yang ada di Sukabumi yang mungkin bisa anda kunjungi. Yang ini adalah Goa yang telaknya di bibir pantai, namun bukan di pelabuhan ratu tapi lebih jauh lagi yaitu di ujung Sukabumi selatan yaitu tepatnya di bibir pantai antara Muara Cikarang & Panati Minajaya Kecamatan Ciracap. Goa yang satu ini bukan di huni oleh kelelawar melainkan oleh masinis dan walet yang banyak memberikn manfaat. Meskipun pengunjung goa ini sangat minim, karena lokasinya tepi pantai pada tepatnya pada dinding pantai yang terjal sehingga sangat sulit untuk melihat secara langsung kedalam Goa, dengan ombak laut lepas samudra hindia yang besar dan stengah permukaan Goa ini juga terendam air laut. Tapi dari tepi pantai diatas Goa ini kita bisa menikmati suasana hening menatap laut lepas sambil melihat atraksi burng walet dan kita bisa sampai tertidur karena hembusan angin spoy-spoy di bawah rindangan pohon kelapa dan beralas rumput jepang yang hijau. Lebih dari itu, anda bisa melihat akrobatik para pengambil sayang walet yang berusaha menembus kedalaman Goa menggunakan tangga yang di sambung atau menggunakan Tali yang panjanng karena susahnya tingginya tebing. Sehingga tak heran jika dianatara mereka ada salah satunya yang menjadi korban karena harus bertahan dianatar terjangan angin laut yang kencang dan ombak yang deras saat turun ataupun sedang memanjat kembali dari perburuannya.

5. Penangkaran Penyu

Jika anda ke Plabuhan Ratu, jangan lupa juga untuk anda datang atau mengunjungi Penyu Laut yang sedang asyik berenang atau juga sedang asik bertelur. Lokasi penangkaran penyu ini yaitu tepatnya di kawasan pantai Pangumbahan Gjung Gentang Kecamatan Ciaracap yang jaraknya + 140 Km arah selatan dari pusat Kota Pelabuhan Ratu. Ketika anda sudah disana, dan jika tengah malam sudah tiba biasanya penyu-penyu laut yang beratnya rata-rata 100 Kg ini mulai kedarat menysup diantara pasir putih yang tiada lain adalah untuk bertelur. Untuk bertelur, biasanya penyu-penyu ini membuat lubang di pasir dan disaat penyu-penyu itu sedang membuat lubang biasanya mereka tidak mau diganggu seprti adanya cahaya senter atau suara bisikan manusia, karena jika di ganggu maka penyu-penyu itu biasanya tidak jadi bertelur. Jadi jika anda ingin melihatnya, maka anda bisa menyaksikan mereka bertelur dikala mereka sudah membuat lubang atau saat sedang mengeluarkan telur yang jumlahnya biasanya sampai 150 buah telor. Setelah itu kemudian mereka kembali lagi ke laut dalam waktu sampai 21,5 Jam sampai kemudian mereka kembali malam berikutnya untuk bertelur kembali. Jika anda mau kesana, anda jangan takut…!!! karena disana juga bakal anda yang mendampingi saat anda mau menyaksikan penyu-penyu itu beratraksi atau bertelur. kemudian juga disekitar sana sudah tersedia Filla yang di sediakan khusus untuk para pengunjungnya.

Baca yang lainnya


7. Pantai Ujung Genteng

Terletak +/- 120km dari kota sukabumi, Ujunggenteng memang merupakan objek wisata yang cukup menarik. Pantainya yang masih bersih dan alami memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Pada beberapa bagian pantai terdapat area yang cocok untuk bermain atau sekedar berendam dilaut. Hal ini disebabkan kedalamannya hanya sepangkal paha saat laut pasang dan bila sedang surut hanya sekitar sebetis kaki dan yang lebih menarik lagi tidak ada ombaknya tapi hanya arus pelan yang bergeser dari kanan kekiri. Disana terdapat pula dermaga bekas peninggalan belanda yang kalau diperhatikan sudah cukup tua umurnya dan sekarang sudah tinggal sisa puingnya saja. Sejarahnya pun masyarakat kurang begitu tahu dengan jelas. Baca lebih lengkap


3 Responses to “WISATA ALAM”


  1. 1 Dhilan Djalani Kusumaputra
    8 Februari, 2010 pukul 3:00 pm

    Alhamdulillah..

    Kami sarankan penulis juga harus dapat memberi penjelasan tentang sejarah raja-raja kecil di kawasan pantai selatan sukabumi, minimal mengerti ilmu pengetahuan tentang asal usul orang sunda di kawasan tersebut!

  2. 2 gian
    10 Maret, 2011 pukul 8:57 pm

    bgi penulis tolong ceritakan gambaran tentang hutan bakau ujung genteng yg terkenal luas nya dan di ujung pantai kalo gak salah dulu waktu saya mash ada di sana saya melihat ada bangkai kapal peninggalan jepang tolong ya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 719,618 Orang

Kalender

Oktober 2014
S S R K J S M
« Nov    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: