Pantai Pelabuhan Ratu

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Pantai Pelabuhan Ratu yang terletak l.k. 60 km arah selatan dari Kota Sukabumi, adalah sebuah tempat Wisata di di pesisir selatan Jawa Barat, di Samudra Hindia. Ombaknya terkenal sangat kuat dan karena itu bisa berbahaya.

Pantai ini terkenal karena terdiri dari perpaduan antara pantai yang curam dan landai, batu-batu karang yang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.

Tempat ini mempunyai daya tarik sendiri, sehingga Presiden Soekarno mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 19660 di Tanjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Inna Samudra Beach Hotel (SBH), salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada “Sarinah”, yang kesemuanya menggunakan dana pampasan perang dari Jepang.

 

Fasilitas rekreasi

Selain hotel besar dan mewah Samudera Beach Hotel, di daerah ini terdapat pula sejumlah hotel dan losmen kecil, Pondok Dewata resor adalah salah satu villa mewah yang cukup laris dikunjungi wisatawan. Tidak berapa jauh dari pantai Pelabuhan Ratu terdapat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti pantai Karang Hawu yang letaknya sekitar 20 km dari kota Pelabuhan Ratu terdapat pantai karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian itu. Bentuk karangnya lebih mirip tungku, dalam bahasa Sunda disebut “Hawu”. Karena itulah tempat ini dinamai orang Pantai Karang Hawu. Pantai-pantai lain yang terletak di daerah ini antara lain adalah pantai Cibareno, Cimaja, Cibangban, Break Water, Citepus Kebon Kelapa dan Tanjo Resmi.

Sekitar 17 km dari Pantai Pelabuhan Ratu terdapat sumber air panas di Cisolok, yang airnya mengandung Belerang yang tinggi dan berguna bagi kesehatan.

Di seputar Pelabuhan Ratu, paling tidak ada sembilan titik lokasi untuk Berselancar, yaitu di Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh sampai Ujung Genteng. Masing-masing pantai mempunyai ombak dengan karakteristiknya sendiri.

Mitos

Menurut kepercayaan rakyat setempat, Pantai Pelabuhan Ratu dihuni oleh  Nyai Roro Kidul, yang diakui sebagai penguasa Pantai Selatan. Kepercayaan ini begitu kuatnya sehingga konon di Samudera Beach Hotel disediakan sebuah kamar khusus untuk tempat kediaman sang penguasa.

Orang juga percaya bahwa di pantai Karang Hawu terdapat makam Nyai Roro Kidul.

 

Pelestarian fauna

Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal sebagai tempat bertelur dan berbiaknya  Penyu yang terancam punah, dan karenanya termasuk salah satu binatang yang dilindungi di dunia. Namun demikian penyu-penyu di Pantai Pelabuhan Ratu masih sering ditangkapi untuk dimakan dagingnya sementara badannya dan kulitnya dijadikan cendera mata dan telurnya diambil untuk dikonsumsi masyarakat.

Sumber Asli wikipedia


9 Responses to “>> Pantai Pelabuhan Ratu”


  1. 9 Januari, 2012 pukul 9:42 pm

    Kanjeng semoga Ќΐτà dapat bertemu walau hanya dalam mimpi,saya sebagai wanita saja mengagumi sosok kanjeng semoga mimpi saya jadi kenyataan.

  2. 2 boy
    19 April, 2012 pukul 7:13 pm

    jiahh, blognya cuman copy paste doang!!!

  3. 9 Oktober, 2012 pukul 10:33 am

    Bagus sekali tempat wisata pantai pelabuhan ratu ini.

  4. 22 Oktober, 2013 pukul 10:00 am

    iya aku pengen kesana tapi gakpernah sampai2 apa mukin tempat itu menyimpan kenangan terindah y,,,,

  5. 31 Oktober, 2013 pukul 3:22 pm

    pantai pelabuhan ratu,
    semakin heboh dengan orang2 dimana pun juga,
    dan sbentar lg tahun bru telah tiba,
    pasti di pantai pelabuhan ratu jadi lautan manusia yang berkunjung ke pantai pelabuhan ratu ini..

  6. 6 emmy
    20 November, 2013 pukul 12:22 pm

    paling terindh pantai plabuhan ratu…

  7. 12 Desember, 2013 pukul 11:27 pm

    Wah saya belum pernah ke pelabuhanratu nih, penasaran pingin berkunjung, hehehehe :)

  8. 8 JUan
    26 Februari, 2014 pukul 10:11 pm

    Klo teringat kata pelabuhan ratu,air mata pasti menetes,knangan manis pait nya aku kecil disana..deburan ombak,burung terbang di atas laut,perahu layar menepi terbawa angin..pelabuhan ratu membawa kenangan tersendiri,,I love Pelabuhan ratu..

  9. 10 Mei, 2014 pukul 9:44 pm

    paten kali brioo tempat wisata ratu lau ini


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 746,492 Orang

Kalender

November 2014
S S R K J S M
« Nov    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: