1. Topographi Wilayah

Desa Ciwaru yang letaknya +50km dari Pelabuhan Ratu (Ibu Kota Kab. Sukabumi), yang tahun lalu mengikuti pemekaran desa menjadi 2 desa yaitu desa Ciwaru dan Desa Mekrsakti atas keputusan Rapat paripurna DPRD Kab. Sukabumi sesuai UU No. 72 tahun 2005 tentang desa. Luas desa ciwaru saat ini adalah: dengan batas desa; sebelah timur berbatasan dengan desa taman jaya, sebelah selatan berbatasan dengan desa mekarsakti & Cibenda, Sebelah barat dengan desa Cibenda & teluk palangpang, serta sebelah utara berbatasan dengan desa ciemas.

Secara geomorfologi, bentuk desa ciwaru adalah berupa cekungan yang di kelilingi oleh gunung dan di sebelah barat langsung ke pantai, atau mungkin kita cocok mengibaratkannya seperti mangkuk yang salah satu bagiannya sudah pecah sehingga cekungannya tidak utuh. Hal itu bisa kita lihat jika kita sedang berdiri atau melintas di Panenjoan desa tamanjaya yaitu di tebing gunung yang mengitari desaku ini. Sangat perihatin memang ketika melihat desa yang terpencil jauh dari peradaban namun menimpan sejuta kenangan dan memiliki sejuta keindahan yang akan terus teringat dan menjadi magnet tersendiri untuk saya bisa kembali setiap saat ke kampung halamanku ini.

Berdasarkan sejarah atau lebih pasnya adalah mitos orang tua, karena kisah perjalanannya tidak tercatat dalam buku sejarah. Desa ciwaru ini asal muasalnya adalah teluk samudra hindia yang surut dan pantainya tersebut adalah yang sekarang menjadi gunung yang mengitarinya. Desa ini pertama kali di buka oleh seorang tokoh masyarakat yang dikenal dengan nama Mbah Druka. Asal usul Mbah durak selengkapnya.

2. Demographi Penduduk

Penduduk desa Ciwaru adalah suku pribumi asli suku sunda. Meskipun saat ini telah bercampur dengan suku jawa dan yang lainnya karena telah banyak pendatang karena tugas dinas pendidikan dan yang lainnya.

Agama yang di Anut Mayoritas Islam. Mata Pencaharian adalah bertani.

3. P a r i w i s a t a

Desa Ciwaru sebagian besar merupakan Daerah Agraris yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai Petani dan Nelayan. Namun disisi lain Desa Ciwaru memiliki beberapa objek wisata yang perlu dikembangkan diantaranya objek wisata pantai dan air terjun yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri.

Kebanyakan para pengunjung objek wisata tersebut adalah wisatawan lokal yang berasal dari luar daerah.

a. Pantai Palangpang

Pantai Palangpang merupakan salah satu potensi obyek wisata yang memiliki beberapa sarana penunjang dan dapat dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Di pantai ini selain dapat menyaksikan keindahan alam para pengunjung dapat menikmati tangkapan ikan para nelayan yang dijual di tempat pelelangan ikan dengan jenis yang bervariasi.

Suasana alam pantai yang memiliki keindahan tersendiri karena di pantai ini vegetasi alam sangat mendukung, air laut cukup jernih dan hembusan angin tidak terlalu besar, gelombang laut yang bersahabat membuat wisatawan yang datang ke pantai ini merasa nyaman, walaupun masih belum didukung oleh sarana dan prasarana pariwisata yang memadai, pengunjung ke pantai ini bisa menikmati keindahan wisata yang disediakan secara alami. Jika kita hendak menyebranng turun ke air laut… kita juga bisa mendarat di salah satu pulau kecil yang penduduk setempat meyebutnya dengan nama Pulau Mandra. Pulau ini memang sangat kecil, dan dominasi plataranannya adalah batu karang. Namun jika kita kesana kita bisa menikmati suasana laut yang sesungguhnya dengan demuran ombak menghantam karangnya sangat besar, karena rahnya langsung menuju laut lepas. tapi disini juga kita bisa untuk sekedar memancing ikan kecil-kecilan. Kesebelah selatannya ada tambak udang dan pulau kunti, atau ke sebelah utara ada pasir putih yang cocok untuk kita mancing ikan dari bibir pantai.

b. Curug Cimarinjung

Tidak jauh dari Pantai Cimarinjung terdapat objek wisata air terjun Curug Cimarinjung, yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki menelusuri pematang sawah dan jalan setapak di sepanjang saluran Irigasi Cimarinjung.

Curug Cimarinjung tidak kalah indahnya dengan panorama pegunungan di sekitarnya, dan ini merupakan salah satu Objek wisata air terjun di Desa Ciwaru sekaligus potensi alam yang harus dikembangkan dan dilestarikan keindahannya untuk menarik wisatawan baik lokal maupun asing.

c. Curug Cikanteh

Potensi pariwisata lainnya yang perlu dikembangkan salah satu diantaranya yaitu objek wisata Curug Cikanteh yang terletak di Kedusunan Cikanteh dengan jarak kurang lebih 4 Km dari pusat Desa Ciwaru.

Objek wisata air terjun Cikanteh memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan objek wisata air terjun yang lainnya yaitu tingkatan air terjun yang terdiri dari tiga tingkat. Tingkat paling dasar dinamakan Curug Sodong, Tingkat kedua dinamakan Curug Ngelai dan yang paling atas dinamakan Curug Cikanteh. Masing-masing mempunyai keunikan yang berbeda.

Anda mau tahu keunikan objek wisata tersebut ……? Please, Welcome to Cikanteh’s waterfall.


57 Responses to “>> Panorama Indah Desa Ciwaru”


  1. 1 pandu
    14 Mei, 2009 pukul 7:24 pm

    kemaren saya kesana, karena tempat itu membuat saya salut kepada pemda sukabumi karena tidak mampu mengelola suatu obyek wisata yang paten

  2. 2 jundi
    13 Juli, 2009 pukul 9:30 am

    suungguh menarik, dan menimbulkan rasa penasaran untuk berkunjung kesana, seomoga ada kesempatan untuk berwisata kesana

  3. 3 resdi
    20 Januari, 2010 pukul 4:18 pm

    curug cikanteh memang sangat iandah, kebetulan saya berasal dari sana, tapi meskipun saya orang sana tapi saya tidak pernah bosan dengan pemandangan desa ciwaru.

  4. 4 resdi
    20 Januari, 2010 pukul 4:24 pm

    saya sangat rindu sekali , pergi ke kampung dimana saya lahir. desa ciwaru merupakan desa kesayangan saya , selain pemandangannya yang indah juga mempunyai warga yang rukun dan damai. apalagi dengan terpilihnya lurah baru yaitu Bpk.abdurohim rochmi (BATMAN). saya ingan pada liburan sekolah kali ini saya bisa pulang kampuna dan bisa menikmati keindahan disana. kebetulan saya berasal dari kampung cikanteh.
    “SALAM BUAT SEMUANYA”

  5. 5 nuyy
    29 Maret, 2010 pukul 3:02 pm

    ciwaru memang desa yang sangat indah,, walaupun udaranya sekarang panas tapi pemandangan alam yang indah membuat saay betah..
    setiap libur panjang sekolah saya pasti mengunjungi pantai palampang…

  6. 30 Juli, 2010 pukul 5:01 pm

    bisa ga tolong kirimin peta, tentang desa ciwaru secara lengkap???
    soalanya saya sukar menemukan jlanna..alaias lalnjung jlanna.eyyyyyyyyy
    tolonh ya…..kirim ke emai saya…….

  7. 11 Agustus, 2010 pukul 2:34 pm

    aq rindu kmpng halaman…. karna di ds ciwaru bnyk obyek wisata yg smkn maju… botis lio salam wat orng ciwaru

  8. 8 arnas
    30 September, 2010 pukul 3:46 pm

    banyak yang belum tau ciwaru tu indahhh,,,,
    aku jd kangen di kesik bodas bsa liat karang N bsa nangkap ikan g usah beli klo mu makan?

  9. 9 andri
    22 Oktober, 2010 pukul 3:10 pm

    saya orang cianjur,saya ingin melihat langhsung panorama alam yang ada di desa ciwaru kec ciemas kab sukabumi khususnya di daerah pantai dan perkampungannya. tolong lebih lengkap poto-potonya

  10. 10 Lhela
    29 Oktober, 2010 pukul 10:11 pm

    0ch..0ch
    ciwaru is very good..

  11. 11 tatan Ahlussukur
    12 November, 2010 pukul 3:53 pm

    Ciwaru tempat kelahiranku… aku bangga punya kampung halaman di sana, alamnya indah, tanahnya subur sumber daya alamnya melimpah dan masih banyak namun sayang SDM nya masih rendah,,,, aku mohon do’a dan restu pada semuanya spaya aku bisa menjadi agen of change yang akan membawa kemajuan ciwaru khususnya dan indonesia umumnya… salam untuk Bpk abdurrohim Rochmi (kades Ciwaru) dan semua warga ciwaru

  12. 12 tatan Ahlussukur
    12 November, 2010 pukul 3:59 pm

    O’ia lupa salam buat a Risna (sekdes) blognya Ok bgt, tenyata poto ini dimuat di blog… sya jadi inget ke A’Tono Studio.

  13. 13 gian
    10 Maret, 2011 pukul 8:44 pm

    ciwaru desa yg kecil tp walaupun lokasinya jauh dan terpencil namun obyek wisata yg di miliki desa ciwaru sangat2 bnyak dan mampu menarik para wisatawan dngan ke indahan alam yg msh smpurna tumbuhan hijau masih terlihat jika di pantau dari atas pegunungan sungguh indah desa ku ini smoga dngan di gantikan nya pemerintah desa U ABDUROHMAN ROCHIM atau bisa di panggil BATMAN ini smoga bisa ikut serta melestarikan keindahan dan budaya desa ciwaru yg sangat terjaga kerahasiaan nya
    ciwaru mempunyai radasia yg smpai saat ini blum ada yg bisa untuk mengungkap nya entah sampai kapan rahasia itu khan di simpan hanya ada satu orang yg mampu memecahkan rahasia itu tp beliau sekarang entah di mana

    untuk desa ku CIWARU dari anak mu kelahiran asli tanah CIWARU

  14. 14 gian
    10 Maret, 2011 pukul 8:47 pm

    bwat pemerintah desa ciwaru terutama bpk lurah CIWARU U ABDUROCHMAN ROCHIM smoga sukses gk lupa bwat keluarga yg ada di ciloa salam dari anak mu GIAN PERMANA

    ku rindu kampoeng halaman

  15. 15 gian
    10 Maret, 2011 pukul 9:01 pm

    ku rindu pantai palangpang pengen mancing di kedik bodas

  16. 16 giant permana
    10 Maret, 2011 pukul 11:08 pm

    curug cikanteh itu bntuk nya unik air terjun ini biasa di sbut curug sedong karna batu di bawah jatuh nya air itu seperti jurang dan di belakang nya terdapat gua yg besar tp curug itu sekarang sudah berganti nama menjadi curug sajodo karna sering hujan jd aliran curug itu menjadi 2 aliran yg sangat deras tetapi meskipun air sangat deras air nya yg biru masih tetap bisa menarik perhatian pengunjung untuk tetap merasakan dingin nya air dari pedunungan

    tapi bukan hanya curug itu saja di sekitar curug itu mash ada 2 curug yg besar gk kalah menarik nya dngan curug sedong yg saya tahu dan bahkan saya sering naik ke atas dan melakukan lompatan ke bawah lumayan tegang tp gk seberapa anda pngen ngerasain terbang di antara curug2

    datang aja ke desa kami CIWARU,CIEMAS,SOEKABUMI SELATAN
    say tunggu…….!!!!!!!!!!!!!

  17. 17 giant permana
    10 Maret, 2011 pukul 11:14 pm

    curug cimarinjung gak kalah extrim jg dngan ketinggian kurang lbih 43 mter itu memiliki bebatuan terjal tp sangat indah jg duuuuuuuuuuuuuuuuuuh bagi yg penasaran gk cuma kata orang dan lihat di fhoto datang aj y.!!!!!!!!!!!!.

  18. 23 Maret, 2011 pukul 9:36 am

    wah……..jd pengen pulang kampung nich,meskipun aq bukan orang sukabumi asli tapi aq sangat mencintai alam nya yang begitu bersahabat,apalagi kalo dah liat beberapa air terjun nya……..wah banget dech.kebetulan suamiku orang ciwaru,apalagi pas pertama kali di ajak pulang ma suamiku aq langsung bengong ngeliat pemandangannya yang begitu indah…..!!!!seuk pula,beda banget dech ma udara di jakarta.

  19. 19 margiyanti andrian
    22 Juni, 2011 pukul 7:17 pm

    bagusny….ad rencana touring ke sukabumi nih,tpi blm jelas ruteny..kira-kira butuh berapa jam perjalanan ya klo pake motor dr bogor???buat temen2 yg tau,minta rute lengkapny y,…tlng balas ya atau kirim via e-mail ke http://www.margiyantiandrian@yahoo.com….trims bgt infony,,

  20. 20 ricky
    8 Juli, 2011 pukul 11:43 am

    need info akses ksana,berencana ingin wisata kesana kereeeeeeeeen bgt tempatnya

  21. 21 tommy sugiharto
    20 Juli, 2011 pukul 6:35 pm

    Kab Sukabumi memang luar biasa :) semoga pemda menyadari nya.. ;)

  22. 22 iban
    28 Agustus, 2011 pukul 1:31 am

    minta info rutenya dan budgetnya atuh ??
    tolong di bantu secepatnya

    thankz be for ^^

  23. 23 sri intan
    21 Oktober, 2011 pukul 2:56 pm

    ciwaru i miiissss uuuu…
    kangen pngen pulang pa lagi pasir haur tercintan,,
    jd pngen reunian gi di pantai palangpang…

  24. 3 Januari, 2012 pukul 1:03 pm

    saya pernah berkunjung akhir tahun 2010, menurut saya temaptnya bagus tergantung pemda mau kelola apa tidak, jalur transportasinya juga masih agak sulit, padahal ciwaru hanya dua jam sebelum ujung ngeteng

  25. 25 feri kuswara
    5 Januari, 2012 pukul 9:58 pm

    SALAM BUAT orang ciloa smuanya,,, jadi pengen pulang euyyy,,,,,

  26. 26 Eden Permana
    10 Januari, 2012 pukul 1:13 am

    Ciwaru Adalah sebuah Desa yang subur,dan kaya,Ciwaru memiliki panoram alam yang indah,pantai luas membentang Indah,di tambah dengan air terjun,Cikanteh dan Cimarinjung,( Curug )Saya asli dari ciwaru lho.jadi pengen pulang nih.inget kampung halaman.
    Saya Mohon Kepada Pemerintah.Kabupaten Sukabumi,juga Propinsi,Tolong Secepatnya Pembangunan Jalan Lintas Pantai,di seleseikan…trima kasih

  27. 27 Eden Permana
    10 Januari, 2012 pukul 2:16 am

    Curug Cimarinjung Menyimpan Legeanda,Konon Curug Cimarinjung sangat angker sekali bahkan saking angkernya.setiap malam selasa dan jumat di sana suka ada gamelan wayang Golek,dan menurut cerita sesepuh,( Kolot )dan alat Gamelan nya pun bisa di pinjam oleh Manusia,seperti Gendang.Goong.Rebab.Kacapi.Saron,itu semua bisa di dengar oleh warga kampung yang berdekatan,konon di ceritakan wilayah kampung cimarinjung,tegal Pari,Pasanggrahan,gunubg batu,Waktu itu perkebunan Jarak.yang di kuasi Oleh Belanda,Nama nya Tuan Salim.di ceritakan pada masa itu,ada seorang wanita yang hilang masuk ke curug cimarinjung namanya Ibu Ento,di Curug Cimarinjung ada gua nyang nyambung ke Cibakung.tapi sampai sekarang masih misteri bulum ada yang bisa menemukan goa tersebut,dan di san ada sebuah mata air yang bisa menyembuhkan segal penyakit.bahkan dulu pernah di ceritakan ada yang punya penyakit Kusta,Kesrek,dengan tidak sengaja mandi di mata air itu langsung sembuh…..!!!

  28. 15 Januari, 2012 pukul 4:16 am

    Saya dulu pernah kesana sob. Banyak bandar kelapa dan harga ikan yg sangat murah di pelelangan ikan merupakan ciri khas tersendiri daerah ini. Tapi sayangnya, kalo malem gak berani ke kota. Kata warga setempat masih terdapat beberapa bajing nakal yg masih menghadang di hutan.

  29. 29 astrisusilawati
    2 Februari, 2012 pukul 1:39 am

    Saya terlahir dri desa terpencil ini ciwaru,, tpi saya bangga ketika saya pergi k kota,, N menjelaskan keadaan desa saya,, karna desa saya indah N sangat. Menyejukan,, pantay plangpang penuh kenangan,,,

  30. 4 Februari, 2012 pukul 12:28 am

    pengen ksana lg….. t4 na bnr2 mnghpnotis wat brkunjung ksana lg….. kapn y bs ksana lg….. touring ksna lg,,,,,

  31. 31 cahya iyong
    15 Februari, 2012 pukul 12:20 pm

    kapan jalan ke ciwaru bisa bagus….

  32. 32 Eden Permana
    17 Februari, 2012 pukul 3:22 pm

    Akses jalan ke Ciwaru sekarang Sudah Bagus.di tambah dengan pembangunan yang melaju pesat.sekarang sudah di bangun pasar Tradisonal.Ruko.sudah di bangun.Pasar Ikan di Palangpang sudah di bangun.Gedung Balai Desa Ciwaru Sudah di pugar.dan bagus sekali.mirip dengan gedung wali kota.beda dengan Bali Desa2 yang ada di Kabupaten Sukabumi.itu semua terwujud setelah penggantian Kepala Desa.yang sekarang.Ujang Abdulrohim Rochmi.dengan sapaan sehari2 ( Batman )

    Beliau seorang kepala desa yang benar2 Ingin memajukan Daerahnya di semua bidang.beliau sangan bekerja keras,Pendekatan pun selalu di lakukan dengan Intansi terkait.di Pemda.bahkan sampai ke tingkat propinsi……Ya Alhamdulilah bisa di Rasakan Oleh masyarat desa Ciwaru.hasil kerja kerasnya……semoga Allah swt.memberikan kekuatan……….Amin..

  33. 6 Maret, 2012 pukul 9:13 pm

    min tolong gabung d SUKABUMI FACEBOOK

    kita butuh informasi juga untuk daerah daerah selatan …

    k TKP aja langsung …

    https://www.facebook.com/groups/like.earth/

    makasih min.. salam tepang baraya … :)

  34. 34 encep
    15 Maret, 2012 pukul 10:43 pm

    aku kngen cwru,pngen plng
    kngen sma tmn tmn

  35. 27 Maret, 2012 pukul 4:25 pm

    Kang,,minta info trasportasinya dong..kirim via email ‘rahman.walker@gmail.com’
    Hatur nuhun.

  36. 36 jay023
    9 Mei, 2012 pukul 3:34 pm

    tempat yang tidak akan pernah terlupakan, yang menjadikan sumber inspirasi baik dalam keadaan suka maupun duka

  37. 17 Juni, 2012 pukul 2:01 pm

    bangga deh jadi orang ciwaru :-)

  38. 39 chockie_the@
    28 Juni, 2012 pukul 1:25 pm

    Ciwaru bukan hnya sekedar nama daerah yg punya bnyak obyek wisata, namun Ciwaru merupakan Desa yang bersahaja dan bersahabat…………… !!!

  39. 40 erie
    26 Juli, 2012 pukul 6:59 pm

    desa ciwaru sebentar lagi akan mnjadi kota wisata yang sangat memukau

  40. 41 Iwan septiyawan
    29 Juli, 2012 pukul 11:03 am

    Kebetulan saya orng ciemas yg pindah ke mekar sari pamoyan,
    saya ska skli dngan desa ciwaru
    karna di lhat dri mekar sari sngat indah pemandangan’y

  41. 2 September, 2012 pukul 10:04 pm

    Ia nich..jdi inget ka jalan cgak…mudik gw jg akh…kngen ama ci mandra jg ma rinjunk..

  42. 43 ardielirham
    4 Desember, 2012 pukul 3:17 pm

    keren gan websitenya …
    jadi penasaran

  43. 24 Februari, 2013 pukul 10:39 am

    Boleh kenal mas, wah informasinya bagus amat. Semoga pariwisata di desa. Ciwaru ini menjadi maju. Harapan kita bersama, infrasuktur jalan di wilayah seperti ini semakin ditingkatkan, sehingga pariwisata semakin berkembang

  44. 45 nanin yulistiani
    27 Februari, 2013 pukul 11:47 am

    Kampung ku memang bnar2 indah ,puji syukur slalu sya panjatkan kpada allah swt,tuhan semesta alam , klo punya byak uang , aku ingin mengembangkan potensi alam ini yang sngat mendukung ,untuk d jadikan tempet pariwisata yg lebih menarik ,
    Doain y ,moga terkabul ,amin !

  45. 27 Februari, 2013 pukul 12:06 pm

    semoga desa Ciwaru semakin maju..
    amien..

  46. 47 ryan
    9 April, 2013 pukul 1:52 pm

    semoga jalan ke ciwaru dan sekitarnya di perbaiki secara optimal agar sumber daya alam disana bisa dimanfaatkan secara optimal

  47. 48 Ujangassegaf@yahoo.co.id
    19 April, 2013 pukul 3:38 pm

    Sya sangat suka itu,memang benar desa ciwaru itu memiliki keindahan yg sangat luar biasa,dg keindahan alam yg cantik,dan juga org d desa itu cantik ” dan baik ”,saya sangat bangga dg tanah kelahiran saya yaitu desa ciwaru kec.ciemas kab.sukabumi prov.jabar.

    I LOVE CIWARU

  48. 49 chadad
    21 Mei, 2013 pukul 11:38 pm

    emang schh ciwaru panoram nya indah, tapi tlong yua jmbatan yang mnuju plangpang d slesaikan, jngan pke kayu. . .

  49. 50 Barqouwie
    7 Juni, 2013 pukul 9:30 am

    bISA kirimin rute ke ciwaru?? ada penginapan ga disana??? thanxs

  50. 51 Eden Permana.
    8 Desember, 2013 pukul 11:27 pm

    Kepala Desa Baru Taupik Guntur Rochmi.adik Kandung Ujang Abdurohim Rochmi ( BATMAN ) Ciwaru akan lebih maju lagi.

  51. 7 Januari, 2014 pukul 12:56 am

    Asalamualikum….
    Blog nya kren banget,,, Saya Bangga Jadi Orang Ciwaru,, Selaku Putra Daerah,, Saya Menghimbau Kepada Seluruh masyarakat Ciwaru, Untuk Sllu Menjaga Nama baik desa Kita Tercinta ini,,
    BAnyak Orang Bilang ciwaru itu Kampung, namun Sebenarnya Ciwaru itu Menyimpan Berjuta Misteri, baik generasi generasi emas yang sangat Potensial dalam Bidang Pendidikan, Olahraga, Keagamaan dll,,,
    Buktinya BAnyak generasi Insan Muda emas Ciwaru yang berhasil di dunia akademik. yang mampu bersaing dengan anak kota lain nya…
    So ciwaru … Always in my heart … best country…
    salam semangat …

    Putra daerah Ciwaru..
    Jamal Mirdad

  52. 7 Januari, 2014 pukul 1:34 am

    Kami mewakili segenap Putra dan Putri daerah Ciwaru Peraih program beasiswa lanjut ke perguruan tinggi tahun 2011 … Tak Lupa Mohon doa Restu dari semua nya, khususnya masyarakat desa ciwaru… semoga Kerja keras kami di masing2 universitas ini tetap berjalan dengan lancar,, Insya Allah suatu saat, ilmu yang kami dapat di perantauan ini,, mudah2 bisa bermanfaat dan bisa membawa nama ciwaru ke jenjang nasional or international,,,

    Ciwaru memang kampung,, tapi yakinlah kampung Bukan Berarti kampungan,,,

    salam hangat selalu :

    - ANJAS WILAPANGGA,, Kampung Cikanteh, Beasiswa AKA ( Akademi Kimia Analis ), bogor
    - NURHASANAH .. Kampung cibojong, Beasiswa IPB ( Institut Pertanian Bogor ), Bogor
    - SRIWULANDARI,, kampung Ciloa, Beasiswa IPB ( Institut Pertanian Bogor ), Bogor
    - AHMAD YUSUF ARDABILI .. Kampung Bojong Haur, Beasiswa Universitas Al Azhar , Jakarta
    - ANDI MULYONO …, kampung Cihuni,, Beasiswa Unipak ( Universitas Pakuan ), Bogor
    - ATI,, Kampung Nangkaleah ,, Beasiswa UMMI ( Universitas Muhammadiyah ) Kota sukabumi
    - JAMAL MIRDAD, Kampung Nangkaleah .. Beasiswa STMIK ( Sekolah Tinggi ILmu Komputer ) PASIM, Kota sukabumi
    - SUSANTI,, KAmpung Nangkaleah ,,, Beasiswa STIE ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ) PASIM , Kota sukabumi

    Mohaon Doa nya ,,, mudah2an semuanya berjalan dengan lancar … aminn
    buat Adek Adek yang lain nya … semangat terus.. tetap fokus.. mari kita junjung Desa Kita Ini menjadi desa yang Unggul.. Bersih, Rapih, Aman dan nyaman..

    Syukran katsir,, Asalamualikum

  53. 18 Januari, 2014 pukul 8:07 pm

    Insya Allah kaping 27 Januari bade kaditu ameng, nyacapkeun panasaran. sugan aya uarng ditu anu bade ngabantos, bade naros kaayaan diditu kumaha. fb https://www.facebook.com/radenbobotohindonesia .pin 75B8AC98. haturnuhun

  54. 10 Mei, 2014 pukul 9:46 pm

    saluuuuuuuut aq am pemda suka bumi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 657,191 Orang

Kalender

Juli 2014
S S R K J S M
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Komentar Terakhir

There are no public comments available to display.

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: