27
Mei
08

Pemerintah Siapkan Peredam Dampak Kenaikan BBM

JAKARTA. Sumber: Pikiran Rakyat-

Pemerintah dalam waktu dekat akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi 2008-2009, guna menekan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Paket kebijakan yang telah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut juga untuk menghadapi tahun-tahun penuh agenda politik tahun depan.

“Ada dua peristiwa penting dua hari lalu yaitu kenaikan harga BBM, yang telah digarisbawahi Pak Presiden untuk langkah terbaik. Juga paket kebijakan ekonomi yang telah ditandatangani oleh Presiden, namun belum bisa diberitahukan kepada umum, salah satunya mengenai ekonomi moneter,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono, di hadapan sekitar tiga ratus investor yang hadir pada acara Indonesian Regional Investment Forum (IRIF) 2008, di Jakarta, Senin (26/5).

Menurut dia, selain untuk menekan dampak kenaikan harga BBM yang diumumkan beberapa hari lalu, paket kebijakan ekonomi itu secara umum juga sebagai rencana aksi yang lebih riil. “Ini untuk meminimalkan dampak sekunder dari kenaikan harga minyak. Inpres yang baru sudah ditandatangani dan sudah siap diumumkan pada beberapa hari mendatang,” katanya.

Paket ini juga, menurut dia, sebagai upaya nyata dari kondisi politik yang semakin menghangat tahun ini dan tahun depan. Dengan demikian, masyarakat perlu jaminan dari pemerintah terhadap isu-isu politik yang mulai mengental dan memanas.

Dia menekankan, meski pemerintah akan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi 2008-2009, hal itu tidak akan bermanfaat bila tidak ada realisasinya.

“Rencana aksi ini terbuka bagi publik sehingga masyarakat dapat memonitor komitmen pemerintah dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Ini bukan karena investasi dan pembangunan infrastruktur di tanah air selama ini tidak berjalan dengan baik. Investasi menurut BKPM terus menunjukkan peningkatan,” katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka IRIF 2008 tidak secara gamblang menyebutkan kebijakan ekonomi apa yang diyakini bisa meredam dampak kenaikan harga BBM.

Namun ditegaskan, banyak pertanda yang menunjukkan bahwa Indonesia dapat kembali menjadi “singa ekonomi”.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia, meski agak melamban pada angka 6,3 persen, adalah salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia dan tertinggi selama masa krisis,” katanya seraya menambahkan, pertumbuhan ekonomi dalam bidang nonmigas mencapai 6,8 persen per tahun.

Sementara investasi asing, menurut Presiden, meningkat menjadi 73 persen dan angka kemiskinan pada 2008 berhasil diturunkan menjadi 16,6 persen dari angka 17,8 persen pada 2007. Disebutkan, PDB Indonesia saat ini mencapai angka tertinggi dengan rasio utang per PDB pada angka terendah sejak Indonesia mengalami krisis ekonomi pada 1997.

Suku bunga

Sementara itu, kalangan perbankan menyatakan siap ikut menjaga stabilitas perekonomian pascakenaikan harga BBM. Hal itu di antaranya dengan tidak serta merta menaikkan suku bunga. “Kita akan tetap menjaga stabilitas suku bunga untuk nasabah yang kini terkena dampak dari kenaikan harga BBM,” ujar Dirut Bank BRI Sofyan Basir seusai rapat umum pemegang saham tahunan di kantornya kemarin.

Diakui, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) memang cenderung naik sebagai dampak dari tingginya inflasi akibat kenaikan BBM. Namun, bank milik pemerintah itu akan tetap bertahan dengan kondisi suku bunga saat ini meskipun BI Rate tertekan hingga 50 digit.

“Kita akan tetap pertahankan suku bunga yang ada, sehingga tidak ada revisi dari kebijakan yang sudah ada ataupun dalam pemberian kredit,” tutur Sofyan. (A-75/A-78)***


0 Responses to “Pemerintah Siapkan Peredam Dampak Kenaikan BBM”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 1,185,288 Orang

Kalender

Mei 2008
S S R K J S M
    Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: