06
Jun
08

Kronologis Kisah Filu, Cagar Alam Cibanteng

Cagar Alam (CA) Cibanteng terletak di wilayah desa Cibenda Kecamatan Ciemas Kabupaten Dati II Sukabumi, Propinsi Dati I Jawa Barat. Berdasarkan organisasi pengelolaannya termasuk ke dalam wilayah kerja Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Cibanteng, Sub Seksi KSDA Sukabumi, Sub Balai KSDA Jawa Barat I, Balai KSDA III.

Kawasan CA Cibanteng ditunjuk berdasarkan Gouvernment Besluit (GB) Nomor : 3 Stbl 243 Tanggal 20 Mei 1925 seluas 447 ha. Kawasan cagar alam ini berada dalam satu kesatuan ekosistem dengan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Cikepuh (± 8.127,50 ha), yang mengelilingi kawasan Cagar Alam dari sebelah selatan hingga barat laut.

Pada awalnya penunjukan CA Cibanteng ditujukan untuk kepentingan perlindungan dan pengawetan fauna (Banteng dan Rusa), hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa pada saat penunjukan keadaan kawasan masih merupakan hutan primer dengan ekosistem yang utuh serta memiliki potensi sumber daya alam hayati yang bernilai tinggi. Selain untuk kepentingan tersebut diatas kawasan CA Cibanteng juga berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan.

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk serta semakin berkembangnya kebutuhan akan sumber daya alam oleh masyarakat, telah menimbulkan tekanan yang semakin tinggi pula terhadap keutuhan kawasan CA Cibanteng.

Beberapa tekanan yang terjadi antara lain : pencurian hasil hutan berupa kayu dan bambu yang semakin tidak terkendali, perburuan liar, pembukaan lahan dan lainlain.

Kegiatan kegiatan ini telah menimbulkan dampak rusaknya ekosistem di beberapa bagian kawasan yang menyebabkan kurang optimalnya fungsi kawasan sebagai cagar alam.

Berdasarkan pertimbanganpertimbangan tersebut diatas, dianggap perlu untuk melakukan pengkajian kembali terhadap potensi kawasan dan perkembangan yang terjadi melalui kegiatan evaluasi fungsi kawasan. Dari hasil evaluasi ini diharapkan akan diperoleh alternatif upaya penyelesaian permasalahan melalui pengembangan fungsi kawasan sehingga pengelolaan dan pembinaan di masa mendatang dapat lebih efektif dan efisien.

Dowload file peneltian selengkapnya dalam bentuk Pdf


0 Responses to “Kronologis Kisah Filu, Cagar Alam Cibanteng”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 1,185,288 Orang

Kalender

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: