Terletak +/- 120km dari kota sukabumi, atau + 18Km dari Kota Surade, Ujunggenteng memang merupakan objek wisata yang cukup menarik. Pantainya yang masih bersih dan alami memiliki pesona tersendiri untuk dikunjungi. Pada beberapa bagian pantai terdapat area yang cocok untuk bermain atau sekedar berendam dilaut. Hal ini disebabkan kedalamannya hanya sepangkal paha saat laut pasang dan bila sedang surut hanya sekitar sebetis kaki dan yang lebih menarik lagi tidak ada ombaknya tapi hanya arus pelan yang bergeser dari kanan kekiri. Disana terdapat pula dermaga bekas peninggalan belanda yang kalau diperhatikan sudah cukup tua umurnya dan sekarang sudah tinggal sisa puingnya saja. Sejarahnya pun masyarakat kurang begitu tahu dengan jelas.

Kearah timur dari ujung genteng terdapat pula lokasi pelelangan ikan, yang cukup ramai dipagi hari antara jam 5-9 pagi. Berbagai jenis ikan hasil tangkapan nelayan yang telah semalaman melaut diperjual belikan disana dengan harga yang tentunya jauh lebih murah dan lebih segar.

Pangumbahan, nampaknya merupakan objek wisata yang cukup unik dikawasan ini. Melihat penyu bertelur ditepi pantai saat malam hari jelas merupakan even yang langka bagi sebagian orang dan tidak semua objek wisata pantai memilikinya. Penyu yang bertelur dikawasan ini merupakan jenis penyu hijau yang merupakan binatang yang hidup di air laut. Penyu hijau dapat berkembang sampai mencapai lebih dari 1 meter panjangnya, lebih dari 200 kg beratnya dan hidup lebih dari 100 tahun. Sebelum penyu mulai bertelur disarankan agar tidak menimbulkan kegaduhan atau keributan, dan juga disarankan tidak membawa penerangan dalam bentuk apapun karena hal ini bisa menjadikan sang penyu enggan bertelur dan kembali lagi ke arah laut. Begitu telur mulai dikeluarkan barulah kita bisa mendekat dan mengamatinya dengan menggunakan senter atau alat penerangan lain. Nampaknya bila penyu sudah mulai mengeluarkan telurnya, akan mengalami kesukaran untuk menghentikannya, dan jumlah telur yang dikeluarkan dari seekor penyu hijau bisa mencapai 200 butir.

Muara Cipanarikan, merupakan salah satu objek wisata lain yang menarik di ujung genteng. Muara ini merupakan tempat bertemunya sungai cipanarikan dengan laut. Sungai Cipanarikan membentuk alur membelok terlebih dahulu sebelum masuk kelaut, sehingga terbentuk hamparan pasir yang cukup luas dengan bentuk pasir yang sangat halus, sangat cocok sebagai tempat bermain pasir bagi anak-anak. Dimuara ini banyak pula binatang seperti kepiting, belibis, biawak dan ikan-ikan muara. Bila kita menelusuri sisi pantainya banyak pula dijumpai ikan-ikan hias khas warna-warni ikan air laut yang berenang bebas disela-sela karang. Disamping itu kerang-kerang pantai yang ada dilokasi ini banyak memiliki bentuk yang masih utuh dan bagus/cemerlang warna-warnanya.

Ombak Tujuh, terletak sekitar 15 Km dari pangumbahan yang bisa ditempuh dengan perjalanann jalan kaki selama 3-4 jam. Lokasi ini merupakan kawasan favorite bagi wisatawan mancanegara untuk olahraga selancar. Sebutan ombak tujuh menurut penduduk karena ombaknya selalu berurutan tujuh ombak dan selalu besar-besar. Disekitar ombak tujuh ada beberpa pulau kecil, pantainya sangat alami, banyak karang-karang kecil, Rata-rata orang yang berselancar menggunakan motor ojek untuk sampai kesana dan bila musim hujan tidak ada yang bisa kesana kecuali jalan kaki.

Cibuaya, Lokasi yang cocok untuk berendam atau berenang karena merupakan cekungan pantai yang memiliki kedalaman yang bervariasi, dari mulai 0,5 meter sampai 6 meter. Didalamnya juga terdapat trumbu karang yang indah. Lokasinya sangat cocok untuk menikmati matahari sore, juga memiliki air laut yang cukup bersih & jernih. Terkadang bila musim ikan kakap atau krapu, cibuaya merupakan tempat ideal untuk memancing.

Disamping objek wisata alam, Ujunggenteng juga memiliki objek wisata dalam bentuk proses pembuatan gula kelapa oleh masyarakat setempat. Pembuatannya sederhana sekali yakni dengan memanfaatkan perkebunan kelapa luas, para penduduk memasang bokor untuk menampung cairan dari kembang kelapa lalu di kumpulkan dan dimasak dikuali lalu dicetak dengan potongan bambu yang ukurannya lebih besar dari ukuran gula kelapa yang ada di pasaran.

Secara keseluruhan masih ada beberapa tempat yang belum terjamah yang memiliki tempat yang indah. Meskipun demikian, kawasan wisata Ujunggenteng juga memiliki tempat penginapan dengan tarif mulai dari 75.000 hingga 350.000 rupiah. Sebagai catatan: didaerah ujung genteng masih ada malaria, mungkin dikarenakan area ini bersebelahan dengan hutan lindung, jadi bila akan berkunjung kesana ada baiknya membawa pil kina, juga makanan dan minuman ada baiknya kita bawa sendiri karena disana masih tergolong daerah pesisir yang kurang berkembang pariwisatanya.

Penulis :  Silhouette
Fotografer : Petrus S
Lokasi : Ciracap, Sukabumi
Sumber : navigasi.net melalui Liburan Info


17 Responses to “>> Pantai Ujung Genteng”


  1. 15 September, 2009 pukul 3:35 pm

    Indah yah pantai’y jd pengen kesana…

  2. 18 Januari, 2010 pukul 3:05 pm

    bagaimana masyarakatnya??? adakah desa yang masih tertinggal????

  3. 3 barey alamsyah
    7 Juli, 2010 pukul 1:43 pm

    ujunggenteng memang indah dan saya rasa memiliki potensi yg cukup menjanjikan….akan tetapi kami selaku warga ujunggenteng sangat membutuhkan transparansi dari pemerintah daerah, terbuka dan fair…

    memang secara geografis letaknya begitu terpencil dan sulitnya transportasi…dan kami selaku warga setempat sangat mengharapkan adanya pihak yang mau ikut andil dalam mengembangkan pantai ujunggenteng namun harus di pikirkan bagaimana caranya agar penduduk stempat tetap medapatkan tempat artinya untuk ke depan tidak adanya hal yang dapat menyebabkan kecemburuan sosial…yang berdampak negatif..

    dan kami mengucapkan trimakasih terhadap blog ini yang peduli terhadap perkembangan dan masa depan masyarakat sukabumi umumnya dan pantai selatan ujunggenteng khususnya
    ..
    trimaksih

  4. 4 barey alamsyah
    7 Juli, 2010 pukul 1:57 pm

    secara umum fasilits seperti pendidikan,kesehatan,jalan, memang masih minim…terlebih kalou kita survai ke pedalaman itu sangat memprihatinkan…semoga melelui blog ini semua intansi terkait daapat meninjou,dan action agar secepatnya dari ke-3 options di atas dapat ter capai dengan baik…amin…

    karen menurut hemat saya ujunggenteng itu sangat variatif baik dari segi pariwisatanya itu sendiri maupun letak dan pantainya dan kekayaan lautnya..itu sangat indah…indaaaaaaaaaaaaaaaahhh…bangeeets..pa bila di bangun dengan hati yang indah….

    best regard

    Muhammad barey alamsyah

  5. 5 larasati puspa soekardiono
    11 Februari, 2012 pukul 1:23 pm

    adakah hotel atau penginapan disana?

    lalu wisata kulinernya sudah ada apa aja?

    regards,,

  6. 1 Maret, 2013 pukul 9:57 am

    salam kenal,..

    pantai ujung genteng memang wajib untuk anda kunjungi.. dan bila anda mencari hotel atau penginapan.. hubungi kami
    kami menawarkan harga untuk menginap di hotel kami harga dari mulai 600rb per 2 kamar, livingroom, branda, wash room, dan breakfast.., kapasitas
    8 orang.
    untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.turtlebeachesresort.com
    atau hub 085860555177
    thanks..

  7. 8 pitaloka
    2 Agustus, 2013 pukul 1:47 pm

    Kalau ke ujung genteng pas libur lebaran, rame ga yah?

  8. 22 Juni, 2014 pukul 11:36 pm

    Gambaran pantai yang begitu indah, jadi ingin berlibur ke sana.
    Tapi saat kutulis koment ini, 22 juni 2014, saya ingin pergi ke sana bukan untuk berlibur. Melainkan ingin menemani ohm saya yang sedang bersedih karena anaknya hanyut di pantai ujung genteng saat berenang. Sudah 2 hari ini belum ditemukan. Tim SAR sedang melakukan pencarian.
    Ya Allah, berilah keselamatan pada adik saya itu. Kalau toh sudah Engkau panggil menghadap-Mu, kembalikanlah jasadnya agar bisa kami kebumikan sebagaimana mestinya. Amin…

  9. 11 Ratna
    20 Juli, 2014 pukul 4:09 pm

    Ada contact person di penangkaran penyu

  10. 29 November, 2014 pukul 3:21 pm

    Hallooo rekan2 semua.. Ayoo kita liburan bersama yuuk dengan travel Bintang Wisata Tour and Travel Bandung, kami menyediakan berbagai pilihan Paket Wisata🙂. Jika butuh Transport Mobil, ELF Pariwisata dan Hotel Bandung harga Murah & Berkualitas, dan kami jg menyediakan Paket Outbond Ice Breaking, Fun Game, Team Building dan Paket Rafting Bandung Situ Cileunca Pangalengan dijamin seru dan meng-asyiikan lohh..🙂. Minat ??. Silahkan hub. Bintang Wisata Tour and Travel, Phone : 022 6085 1785 / 0813 2289 5099. http://www.bintangwisataindonesia.com .
    #PAKET WISATA RAFTING MURAH di BANDUNG (Travel Agent Bandung)#🙂.

  11. 14 dani sabila
    13 Desember, 2014 pukul 8:02 pm

    MAMPIR JUGA YAA..KE PANTAI SANTOLO DAN PANTAI SAYANGHEULANG PAMEUNGPEUK GARUT….DANI SABILA PENGINAPAN KARANGLAUT….HP 082129705000

  12. 30 Oktober, 2015 pukul 1:49 pm

    Pantainya Ujung Genteng sangat menarik dan memiliki keunika tersendiri, pengunjungi bisa melihat penyu sedang bertelur dan tukit saat telur sudah menetas sangat jarang di jumpai di pantai-pantai lainnya… semoga segera bisa mengunjungi Pantai Ujung Genteng.. Salam Wisata…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Jumlah Pengunjung

  • 1,185,288 Orang

Kalender

Desember 2016
S S R K J S M
« Nov    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: