02
Nov
08

MASYARAKAT SUKABUMI SELATAN BUTUH PERBAIKAN INFRASTRUKTUR

Sebagai warga asli yang sangat cinta terhadap tanah kelahirannya, saya setiap saat selalu memperhatikan perkembangan daerah sukabumi selatan. Saat pulang kampung, saya juga selalu memperhatikan perkembagan perubahan mudah-mudahan ada perkembangan kearah yang semakin maju guna mendorong perkbangan daerahnya agar tidak ketinggalan sama daerah-daerah lainnya, karena sangat ironis sekali bahwa Sukabumi adalah daerah yang notabene boleh dikatakan masih dekat dengan Ibukota Negara kita yaitu Kota Jakarta bila kita bandingkan dengan daerah lain seperti aceh dan sekitarnya, Kalimantan utara, Sulawesi atau bahkan Papua. Sehingga mudah-mudahan jika daerah kami diperhatikan, perkembangan daerah kami ini bisa mendorong masyarakatnya bisa hidup lebih sejahtera, karena masyarakat kami saat ini secara umum adalah masyarakat petani dan nelayan kecil yang miskin.

Beberapa bulan yang lalu saya ikut merasa senang ketika menyaksikan ada INDOMARET sebagai salah satu mini market terkemuka telah hadir di Jampangkulon, Cinagen dan Surade, meski akan mendorong masayarakt hidup lebih hedegonis dan mungkin bisa meninggalkan pasar tradisional jika banyak minimarket atau bahkan hypermarket masuk kesana, padahal pasar tradisional selama ini menjadi buruan masyarakat disana dalam berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi setidaknya hal itu juga bisa menambah sebagian pendapatan masyarakt dengan tersedianya lapangan kerja baru bagi sebagian masyarakat dengan ikut terlibat dalam manajemen perusahaan.

Saya secara peribadi sagat mendukung langkah atau upaya dari pemerintah seperti yang disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat “H. Dede Yusuf” saat dia berkunjung ke Ibukota Kab.Sukabumi (2/11/2008) yang mengatakan bahwa “pembangunan di wilayah Jabar Selatan akan dipercepat, terutama pembangunan infrastruktur jalan. Salah satu upayanya, status jalan di jalur pantai selatan akan ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional”.

Upaya itu sangat tepat sekali, karena masih terbelakangnya masyarakat kami adalah karena infrastruktur ke daerah kami yang masih terbatas. Jalan-jalan masih sempit dan sangat rusak. Rusaknya bukan bergelombang lagi, tapi lubangnya pada dalam dan tak ada sedikitpun untuk menjadi pilihan dalam berkendara, khusunya jalan yang menghungkan Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap, Kecamatan Ciemas dan Pelabuhan Ratu, serta yang jalan-jalan yang lainnya apalagi jalan-jalan yang msuk ke perkampungan. Terbatasnya infrastruktur jalan ini juga yang menyebabkan sulitnya masyarakat kami dalam memperoleh informasi atau melakukan kegiatan transaksi perdagangan baik untuk menjual hasil tani masyarakat kami atau mendatangkan berbagai hal yang tak ada disana. Banyak hasil panen pertanian atau perkebunan masyarakat petani kecil daerah kami yang terpaksa di biarkan begitu saja tak terjual karena jika di bawa ke kota akan habis oleh biaya transport, di jual di kampung kami sudah tak laku, paling-paling Cuma dikasihkan sama tetangga padahal merekapun sudah pada bosan.

Perbaikan infrastruktur jalan raya daerah kami juga memungkinkan daerah kami bisa mengembangkan pariwisata atas keindahan daerah kami sebagai bagian dari keindahan daerah pantai selatan. Hal ini bisa mendukung pemerintah dalam menggali sumber pendapatan Negara juga bisa mendukung program khususnya “visit Indonesia 2008”. Terlebih lagi jika pariwisata daerah kami bisa di kembangkan pada akhirnya bisa memberikan peluang bagi masyarakat kami dalam menciptakan lapangan usaha guna mendukung dan meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahtraan tarap hidup.

Infra struktur lain yang masyarakat kami butuhkan selain perbaikan Jalan Raya sebagai kebutuhan vital akses ke perkotaan, kami juga membutuhkan perbaikan fasilitas pendidikan, dan kesehatan. Karena, sekolah-sekolah khususnya banguna sekolah dasar (SD) sudah banyak yang tak layak pakai, serta masih minimnya fasilitas kesehatan. Untuk perbaikan jalan sendiri, sebenarnya kami sudah mendapat rumor dari salaha seorang pimpinan PU di Jawa Barat bahwa sebenarnya untuk perbaikan jalan raya kecamatan ciemas sebenarnya dana dari pusat sudah turun, tapi ko sampai sekarang belum ada cair juga kelapangan. Ini tersendat dimana???? Permintaan kami juga, mohon dalam perbaikan jalan, tidak asal karena kami tahu bahwa dana untuk sekali perbaikan jalan ciemas itu dananya sangat besar. Tapi kenapa yang terpasang di jalan hanya sedikit saja. Pak….!!!! Kenapa jalan kami cepet rusak??? Masyarakat kami mobil besarpun g punya dan jarang lewat kendaraan jioka di hitung, tpi kenapa jalan cepet pada rusak. Karena jalan-jalan di kami jarang pake aspal atau dengan kata lain… aspal hanya di emratkan jadi jalan yang di tutup sama pasir sebelumnya itu ada yang kebagian aspal banyak juga yang tidak, jadi wajar jika kena hujan, yang tak kena aspal pasirnya jadi terbawa air dan jalan banyak bolong-bolong. Jadi kami mohon perbaikan yang bener-bener diperhatikan. Pakai jasa pemborong yang benar-benar mau memperbaiki fasilitas pemerintah, jangan hanya meraup untung besar. Kalau mungkin, kami minta di aspal Hotmik seperti jalan-jalan di kota. Aspal dan pasir di aduk jadi aspal merata dan jalan jadi lebih awet.


5 Responses to “MASYARAKAT SUKABUMI SELATAN BUTUH PERBAIKAN INFRASTRUKTUR”


  1. 5 Maret, 2009 pukul 12:53 am

    untuk pemerintah kabupaten sukabumi,tolong perhatikan akses sukabumi-kec.ci dadap.renopasi jalan setengah2x.

  2. 2 Anak pelabuhan Ratu
    14 Maret, 2009 pukul 12:10 pm

    Kepada YTH Bapak Azzam

    Kenalkan Nick name saya ‘Anak Pelabuhan Ratu’
    Sebelumnya saya minta maaf kalau ada kekurangan bahasa dan salah pahaman
    mengenai your article.Saya sudah menbaca tt your article’ perbaikan inflastructure ‘
    Dan Saya kira pendapatan Bapak baik, karena saya bisa merasa
    Bapak memikir demi orang-orang Sukabumi.
    Tetapi saya mau suggest jalanan aspal itu membawa kerusakan linkugan dan
    sakit kepada orang-orang.Saya sudah mengarami di Tokyo.
    Waktu mesium panas di Tokyo, Panasnya minta ampun.
    Kira-kira ada tempat hampir 40derajat cersius.
    Malam juga tidak turun panasnya.Sekarang Sukabumi masih sejuk.Pabrik-pabrik masih sedikit. Saya tidak tahu Bapak kerja atau masih belajar di sekolah . Tetapi saya
    minta Bapak pikir lebih luas. Bagaimana orang-orang Sukabumi dan orang-orang daerah
    sekitarnya bisa bahagia.Dan saya mau tanya juga apakah uang bisa dimakan.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global

  3. 3 Anak Pelabuhan Ratu
    14 Maret, 2009 pukul 12:15 pm

    Kepada YTH Bapak Azzam

    Kenalkan Nick name saya ‘Anak Pelabuhan Ratu’
    Sebelumnya saya minta maaf kalau ada kekurangan bahasa dan salah pahaman
    mengenai your article.Saya sudah menbaca tt your article’ perbaikan inflastructure ‘
    Dan Saya kira pendapatan Bapak baik, karena saya bisa merasa
    Bapak memikir demi orang-orang Sukabumi.
    Tetapi saya mau suggest jalanan aspal itu membawa kerusakan linkugan dan
    sakit kepada orang-orang.Saya sudah mengarami di Tokyo.
    Waktu mesium panas di Tokyo, Panasnya minta ampun.
    Kira-kira ada tempat hampir 40derajat cersius.
    Malam juga tidak turun panasnya.Sekarang Sukabumi masih sejuk.Pabrik-pabrik masih sedikit. Saya tidak tahu Bapak kerja atau masih belajar di sekolah . Tetapi saya
    minta Bapak pikir lebih luas. Bagaimana orang-orang Sukabumi dan orang-orang daerah
    sekitarnya bisa bahagia.Dan saya mau tanya juga apakah uang bisa dimakan.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global

  4. 4 septi nurani
    14 Januari, 2010 pukul 6:53 pm

    Saya anak surade.kalo pulang kesurade suka berfikir 2 kali karena punya anak.Karena struktur jalan yg jdi penghambatnya.Saya berharap bisa diperbaiki secepatnya,dan sangat berharap membuat jalan baru supaya tidak terlalu berkelok-kelok yang bikin kepala pusing 7 keliling.semoga keluhan saya bisa didengar oleh pejabat yg baik hati.terimakasih..

  5. 5 Eden Permana
    17 Februari, 2012 pukul 3:45 pm

    Untuk anak palabuan ratu..kok pola pikir kamu sempit sih.tanpa imprasetuktur bagus dari mana masyarakat kita bisa maju.Sukabumi kok di sama samakan dengan tokyo japan………..mari bangun daerah kami………perkenalkan saya dari Jampang.Ciwaru.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 1,185,288 Orang

Kalender

November 2008
S S R K J S M
« Okt   Okt »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Salam Hormat Dari Administrator.

Tujuan utama Blog ini bukan untuk sarana promosi/iklan melainkan Semata-mata hanya proses pembelajaran penulis dalam mengenal Dunia Blog & Duni Internet. Untuk itu Penulis meminta maaf jika dalam isi terlalu banyak salah dan kekurangan serta mohon maaf yang sebesar-besarnya dan minta ijin kepada administrator Web, Situs atau Blog dan yang lainnya yang merasa jika ada sebagian tulisannya yang penulis sunting di Blog ini. Serta penulis juga meminta ijin kepada pemilik situs, web dan sejenisnya jika dirasa tak nyaman atas tindakan penulis yang ikut sharing atau me-link-kan informasi dari situs, web, Blog dan sejenisnya yang Bapak/Ibu/Sdr Miliki atau prilaku penulis yang tak sesuai dengan etika keilmuan dalam dunia cyber. Terimakasih.

%d blogger menyukai ini: